Isu etika adalah
persoalan tentang etika individual. Dari sudut pandang komunikasi, isu-isu
mengenai etika muncul ke permukaan setiap kali pesan-pesan memiliki kemungkinan
untuk memengaruhi orang lain. Perilaku beretika dan keuntungan personal adalah
isu-isu yang dekat kaitannya. Berbagai isu etika dalam bisnis dapat dibagi ke
dalam empat area: kesetaraan, hak, kejujuran, dan penggunaan kekuasaan
perusahaan. Contoh isu etika dalam bisnis yaitu “Apakah CEO harus diberikan
gaji dalam perusahaan yang tidak menguntungkan?”
1. Benturan Kepentingan
Benturan kepentingan
yaitu benturan yang timbul ketika kepentingan seseorang memungkinkan orang lain
melakukan tindakan yang bertentangan dengan pihak tertentu, yang kepentingannya
seharusnya dipenuhi oleh orang lain tersebut. Benturan kepentingan merupakan
salah satu isu dalam etika. Jenis benturan kepentingan addalah sebagai berikut:
a. Benturan kepentingan yang bersifat personal
b. Benturan kepentingan yang bersifat impersonal
c. Benturan kepentingan individual (berdasarkan
kepentingan organisator)
Transaksi benturan
kepentingan seringkali terjadi pada anggota direksi ataupun komisaris. Anggota
direksi ataupun komisaris melakukan transaksi menjual asset milik pribadi
kepada perusaan tempat ia bekerja dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada
harga pasar atau harga wajar. Hal seperti ini dalam menghadapi transaksi
benturan kepentingan dapat memiliki implikasi moral, yaitu saham perusahaan
bersangkutan masuk blacklist di mata investor.
2. Etika dalam Tempat Kerja
Perusahaan menghadapi
banyak tantangan dalam permasalahan mengenai etika di tempat kerja. Salah
satunya adalah bagaimana indvidi berperilaku. Sebagai contoh dalam suatu
perusahaan hubungan antara atasan-bawahan ada potensi bahaya, terutama di pihak
bawahan. Sebagai bawahan, sudah seharusnya melakukan pekerjaannya dengan baik
tanpa melupakan etika dalam bekerja, namun atasan pun juga seharusnya tidak
melupakan etika yang berlaku dan tidak semena-mena dalam memimpin suatu
perusahaan.
3. Aktivitas Bisnis Internasional – Masalah Budaya
Seorang pemimpin
memiliki peranan penting dalam membentuk budaya perusahaan. Hal itu bukanlah
sesuatu yang kabur dan hambar, melainkan sebuah gambaran jelas dan konkrit.
Jadi, budaya itu adalah tingkah laku, yaitu cara individu bertingkah laku dalam
mereka melakukan sesuatu.
4. Akuntabilitas Sosial
Akuntabilitas dapat
diartikan sebagai spectrum pendekatan, mekanisme, dan praktek yang digunakan
oleh pihak yang berkepentingan (stakeholders) untuk menjamin
pemerintahan ada pada tingkat dan tipe kinerja yang diinginkan. Dengan kata
lain, akuntabilitas bertujuan untuk menjamin agar prosedur, aktivitas, dan
output dari kebijakan pemerintah memenuhi tujuan dan standar yang telah
disepakati bersama. Akuntabilitas adalah ciri-ciri dari sistem dan institusi
social. Ini berarti bahwa ada mekanisme yang menentukan siapa yang melakukan
tindakan yang bertanggung jawab, siapa yang bertanggung jawab. Sistem dan
institusi yang sulit menentukan siapa yang mengambil tindakan apa akan gagal
melakukan analisis etika atau tindakan etika. Manajer institusi, organisasi,
dan semacamnya memiliki tanggung jawab atas tindakan yang dilakukannya sendiri.
Jika seseorang melakukan penyimpangan atau menyalah-gunakan tanggung jawabnya,
maka itu akan mendekati kepada isu etika, yaitu pada area penggunaan kekuasaan
perusahaan.
5. Manajemen Krisis
Manajemen krisis dapat
dimanfaatkan hampir di semua bidang, tetapi umumnya digunakan dalam hubungan
internasional, politik, bisnis, dan manajemen. Organisasi yang memikirkan
dampak negatif yang mungkin ditimbulkan dari suatu krisis akan berusaha untuk
mempersiapkan diri sebelum krisis tersebut terjadi.
Bahkan ada peluang dimana organisasi dapat mengubah krisis menjadi suatu
kesempatan untuk memperoleh dukungan publik. Sebab, krisis terjadi apabila ada
benturan kepentingan antara organisasi dengan publiknya.
DAFTAR PUSTAKA
- Abdul Haris. 2005. 7
Pilar Perusahaan Unggul Implementasi Kriteria Baldrige untuk Meningkatkan
Kinnerja Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Bartono, dan Novianto.
2005. Today’s Business Ethics Langkah-langkah Strategis Menerapkan
Etika dalam Bisnis dan Pariwisata. Jakarta: Penerbit PT Elex Media
Komputindo.
- Firsan Nova. 2009. Crisis
Public Relations Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan.Jakarta: Grasindo
kelinci99
BalasHapusTogel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
yukk daftar di www.kelinci99.casino